asiamaya.com - optimized for cell phone and PC browsing

HOME

PENGAJUAN BANDING TERHADAP PUTUSAN PERCERAIAN


Pertanyaan :

Saya digugat cerai oleh istri, karena saya juga tidak tahan terhadap perlakuan dan kemauan istri yang demikian keras selama persidangan saya selalu membantah semua tuduhannya dan memang tidak ada bukti dan saksi. Tetapi saya meminta hakim untuk mengabulkan permintaannya walaupun semua tuduhan tidak benar. Tetapi dalam keputusan semua tuduhan dibenarkan oleh hakim dan saya dianggap sudah mengakui semua tuduhannya. Sekarang saya mengajukan Banding untuk membantah semua tuduhan itu dan secara tidak langsung saya tolak keputusan tersebut.

Apakah saya dapat melakukan hal itu ? Kemudian selama proses banding bagaimana status hukum saya dengan istri ?

Apabila dalam proses banding ini saya menemukan istri saya tidur satu ranjang dengan penasehat hukumnya dengan pakaian yang tidak sopan dengan disaksikan oleh dua orang saksi, apakah saya bisa melakukan pengaduan dengan dalil perzinahan, dan berapa lama waktu kadaluwarsa pengaduan itu.
Ataukah saya hanya melaporkan si penasehat hukumnya saja.

Terima kasih

OQ


Jawaban :

Permohonan banding dapat diajukan apabila anda merasa belum puas atas keputusan hakim pada tingkat pertama (Pengadilan Negeri) atau merasa keputusan hakim itu tidak adil. Dalam perkara banding yang akan diperiksa surat-surat atau berkas serta putusan Hakim Pengadilan Negeri tempat perkara anda disidangkan apakah sudah sesuai dengan aturan-aturan hukum yang berlaku atau tidak, jarang sekali terjadi, penggugat dan tergugat diperiksa kembali oleh Pengadilan Tinggi.

Karena anda mengajukan banding maka perkara tersebut mentah kembali dalam artian dari awal lagi maka status hukum anda dan isteri masih tetap suami isteri sampai adanya putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan anda bukan sebagai suami isteri lagi.

Terhadap perzinahan isteri dengan penasehat hukumnya, jika hal itu memang benar dilakukan oleh isteri dan penasehat hukumnya maka anda dapat mengajukan tuntutan baru yaitu tuntutan pidana kepada keduanya (isteri dan penasehat hukum) atas tuduhan perbuatan zinah.

Sebaiknya masalah ini segera saja anda ajukan ke Pengadilan sehingga semua permasalahan yang dihadapi akan segera selesai.


***

However, in as much as more and more people realize that optimal sexual experience, followed by a gentle death, are the only meaningful content in life, we can expect the competition to become more pronounced in the future.

This page: http://www.asiamaya.com/konsultasi_hukum/perceraian/banding_cerai.htm
Copyright © Dan Kardarron
333 Srinakarin Roads
Nongbonsa
Bangkok, 10250
Thailand